Headlines
Published On:Selasa, 06 Oktober 2015
Posted by Cong Wafi

Batik Pisang Asli Kota Lumajang

Batik Pisang Asli Kota LumajangBatik merupakan salah satu budaya ang telah berkembang sejak lama di Indonesia. Pada jaman dahulu, batik hanya di pakai oleh para keluarga keraton saja. Seiring berkembangnya zaman, saat ini batik sudah berkembang semakin luas sampai ke berbagai penjuru daerah.

Batik Pisang Asli Kota Lumjang

Pada zaman kerajaan  Majapahit, saat itu batik hanya digunakan oleh masyarakat sekitar mejapajit saja, lalu berkembang sampai kedaerah yang lain. Dan hingga saat ini banyak sekali daerah yang memproduksi batik ini dengan corak dan motif yang berbeda-beda dari masing-masing daerah. Setiap daerah penghasil batik ini, memiliki ciri khas yang berbeda antara daerah yang satu dengan daerah yang lainnya.

Saat ini sudah banyak sekali corak dan motif batik yang sangat terkenal di dalam negri maupun di luar negri, seperti batik pekalingan, batik tulungagung, batik banyu mas dan lain sebagainya. Dari berbagai corak dan motif dari batik yang ada di setiap daerah, Lumajang tetunya tidak ingin ketinggalan. Lumajang juga memiliki batik dengan ciri khas asli lumajang dan tak kalah uniknya dengan batik yang ada saat ini.

Lumajang merupakan Kota yang berada di jawa timur yang memiliki julukan kota pisang. Hal tersebut dikarenakan ada banyak sekali dijumpai pisang. Lumajaang adalah salah satu kota yang memiliki banyak penghasilan pisang. Karna keunikan tersebut, lumajang menciptakan karya baru yaitu dari batik dengan ciri khas asli lumajang.

Batik dari dari lumajang ini dinamakan dengan “Batik Pisang”. Sesuai dengan namanya, batik pisang ini memang memiliki motif dasar pisang asli Lumajang yaitu pisang agung. Pisang agung ini merupakan pisang asli Lumajang dan tidak akan di temukan di daerah lain. Pisang agung ini memiliki ukuran yang sangat besar sekitar 20-30 cm. Dasar pembuatan batik dengan motif pisang ini adalah untu mengembangkan kekhasan dari Kota Lumajang ini. Berikut beberapa contoh motif batik pisang Lumajang :








Batik pisang ini bermula dari seorang laki-laki dari Bentengrejo Kabupaten Lumajang yang memiliki kegemaran membuat batik. Dari sinilah ia menciptakan sebuah batik dengan motif dasar pisang agung lumajang ini. Kemudian dia mengajak masyarakat sekitar untuk membuat perkumpuan membuat batik. Dan sampai sekarang, batik ciptaannya ini sudah berkembang kedaerah-daerah lain khususnya di kabupaten Lumajang.

Batik pisang Lumajang ini merupakan salah satu produk terbaik yang ada di Lumajang dan menjadi kebanggan Kabupaten Lumajang. Batik pisang saat ini sudah dikembagkan dan sudah disebarkan keseluruh daerah, baik daerah di dalam Lumajang maupun Luar Lumajang.

Ciri khas dari batik pisang khas Lumajang ini adalah Motif-motifnya berdasar pisang yang berbeda dengan batik dari daerah lain. Batik pisang Lumajang ini juga memiliki bahan baku yang bagus dan cara pengerjaannya juga dilakukan secara kreatif dan sangat telliti oleh orang-orag yang sudah ahli dalam membatik.


Selain dari batik bermotif pisang ini, di Lumajang sudah dikembangan juga batik dengan motif lain yang tak kalah menarik, seperti motif gunung semeru, burung penglor, gelobang dan lain sebagainya. 

Note

Posted by Cong Wafi on 10.30. Filed under , . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Feel free to leave a response

0 komentar for "Batik Pisang Asli Kota Lumajang"

Leave a reply

    Blog Archive